Pages

Thursday, October 31, 2013

Menginstalasi Software Aplikasi

INSTALASI APLIKASI

  1. A.     KLASIFIKASI SOFTWARE APLIKASI
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang, baik pada system operasi berbasis text maupun pada system operasi berbasis Grafis (GUI). Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 1 2 dan 3, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office atau Open Office. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari MS Word (pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi). Dan contoh Open Office  KWord (Pemroses kata), KSpreed (Pemroses table), KPresenter (presentasi). Yang berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp, Media Player, XMMS, untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer, Power DVD, XINE yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
  1. B.     PERSIAPAN MELAKUKAN INSTALASI SOFTWARE
Hal – hal  yang perlu disiapkan dlam melakukan instalasi sofware adalah sebagai berikut:
  1. Unit PC dengan hardware yang  mendukung software akan diinstal
  2. Sistem operasi yang telah terpasang pada PC yang mendukung software yang akan diinstal.
  3. Free space memory yang mencukupi untuk melakukan instalasi sofware tersebut.
  4. Software master program aplikasi yang akan diinstal.
  5. CD drive dengan kecepatan yang mendukung jika master program tersimpan pada CD
Misalkan kita akan mengistalasi program apliksi Microsoft Office Xp maka yang harus diperhatikan adalah requirement (kebutuhan) untuk jenis office tersebut. Sebagai contoh :
Microsoft Office Xp requirement :
  • Microsoft Windows 98/98se/ME/XP
  • Free Space minimum 400 Mbyte
  • Pentium II
  • CD ROM 4x
Keterangan seperti yang diatas terdapat pada cover CD ataupun dengan membaca file “readme.txt” ataupun file sejenis yang terdapat dalam CD. Hal-hal tersebut diatas harus dipenuhi agar microsoft office dapat diinstall ataupun dapat berjalan dengan baik.
  1. A.     INSTALASI SOFTWARE MS-OFFICE
Ms-Offiice merupakan paket software yang dibuat oleh Microsoft, yang termasuk dalam paket software ini antara lain : Ms-Word (Word Processing), Ms-Excel (Spreed Sheet), Ms-Power Point (Presentasi), Ms-Access (Database).
Pertama yang perlu dipahami adalah bahwa software ini hanya dapat diinstalasi dan berjalan pada system operasi Microsoft Windows.
Untuk menginstal microsoft Office dapat dilakukan dengan menjalankan CD software microsoft office melalui CD-ROM, ataupun dari master program yang terdapat pada Hardisk apabila anda menyimpannya.
Adapun langkah-langkah instalasinya adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan Paket instalasi software yang legal dalam media penyimpanan yang sesuai seperti HD, CD, FDD, DVD atau media lain.
  2. Jalankan system operasi Windows dan pastikan bahwa system operasi tersebut telah berjalan dengan baik.
  3. Pastikan bahwa ruang (spaces) HD masih mencukupi.
  4. Apabila paket software tersedia dalam media CD, maka masukkan CD intaller tersebut kedalam CD-Room.
  5. Ikuti proses instalasi sesuai dengan Petunjuk instalasi (Instalation user manual).
Secara lebih lengkap langkah – langkah instalasi Ms Office Xp adalahsebagai berikut:
  1. Menjalankan Setup file
    1. Instal dari CD-ROM :
Masukkan CD program Microsoft Office XP kedalam CD_ROM, apabila CD-ROM anda diseting auto maka secara otomatis CD akan dijalankan dan akan muncul tampilan seperti gambar 2.1, pilihlah setup. Apabila tidak auto run maka anda dapat dilakukan dengan klik Start >Run, Selanjutnya klik Browse, cari drive CD-ROM anda, kemudian pilih setup, terakhir klik open atau klik ganda pada file setup
  1. Instal dari Master program di Hardisk
Menginstal dari hardisk caranya sama dengan diatas, yaitu klik Start > run >Browse, kemudian cari lokasi master program Microsoft Office pada hardisk anda, selanjutnya pilih file “setup.exe” kemudian klik open. Cara lainnya anda dapat melakukan melalui explore, cari master office kemudian pilih setup.
  1. Memasukkan Serial nomor atau CD Key
Ketika anda menjalankan “setup file” maka proses install akan berjalan, selanjutnya muncul tampilan seperti gambar 2.4, dimana anda diminta untuk memasukkan User name, Initials, Organization dan serial nomor atau CD key. Isikanlah data-data yang diminta pada kolom yang dimaksud. Masukkan serial nomor yang terdapat pada cover CD Microsoft office anda. Proses tidak akan berjalan apabila anda salah memasukkan serial nomor. Setelah data yang diminta lengkap kemudian tekan “next”.
  1. Persetujuan Lisensi
Pada bagian ini dijelaskan tentang persetujuan lisensi,Apabila anda setuju berilah tanda cek-bok pada “I accept term in the  License Agreement”. Kemudian klik “nekt” dan proses dilanjutkan.
  1. Pilihan type install
Pada bagian Anda diberikan pilihan seperti terlihat pada gambar 2.6, yaitu :
  • Install Now: office akan diinstall dengan seting default termasuk    komponen yang sering digunakan.
  • Complete: office akan diinstal secara komplit (seluruh features akan diinstal).
  • Custom    : Anda memilih sendiri feature yang anda perlukan atau yang ingin anda aktifkan.
  • Install to   : Pilihan tempat dimana anda ingin menginstall microsoft office Xp (sebaiknya dibiarkan saja, yaitu di folder C:\Program Files\Microsoft Office\)
Apabila memilih pilihan Install Now atau Complete maka proses instal akan langsung dijalankan. Apabila anda memilih pilihan custom maka ikutilah langkah no.5.
  1. Pilihan aplikasi
Pada bagian ini anda diminta untuk memilih jenis aplikasi yang akan diinstal sepert microsoft word, microsoft ecxel, microsoft power point, microsot outlook, dan lainnya, seperti terlihat pada gambar 2.7. Isilah “tanda cek bok” pada aplikasi yang ingin anda instal. Disamping itu juga terdapat pilihan :
  • Install applications with the typical options, yaitu office akan memilih secara otomatis features yang sering digunakan sesuai dengan jenis aplikasi yang dipilih.
  • Choose detailed installation options for each applications, yaitu kita menentukan sendiri features yang diperlukan sesuai dengan aplikasi yang dipilih
Apabila dipilih pilihan “Install applications with the typical options” maka proses install langsung dilakukan. Apabila memilih option yang kedua maka ikutilah langkah no.6.
  1. Pilihan Features yang ingin diaktifkan
Pada bagian ini anda akan diminta memilih sendiri feature yang ingin anda aktifkan, seperti terlihat pada gambar 2.8. Klik features yang ingin anda aktifkan kemudian akan mucul “kotak dialog“ seperti terlihat pada gambar2.9, yaitu pilihan:
  • Run from my computer, yaitu feature tersebut akan diinstal kedalam komputer sehingga feature tersebut siap digunakan.
  • Run all from my computer, yaitu seluruh feature yang ada dalam folder tersebut akan diinstal kedalam komputer.
  • Installed on first use, yaitu feeture tersebut akan diinstal pada saat penggunaan pertama kali, sehingga apabila feature tersebut digunakan maka office secara otomatis akan menjalankan proses instal sendiri, dan meminta anda memasukkan CD master program microsoft office kedalam CD ROM.
  • Not Available, yaitu feature tersebut tidak akan diinstal kedalam komputer.
Pada bagian bawah juga dijelaskan tentang ruang hardisk yang dibutuhkan dan kapasitas hardisk yang tersedia di komputer anda. Jadi sebaiknya installah feature yang benar-benar anda perlukan untuk menghemat ruang hardisk. Sebagai contoh pada gambar 2.8 feature Office Assistant yang merupakan sub folder dari Office Shared Features diinstal kedalam komputer.
Dan feature equation editor (feature untuk membuat rumus matematika dalam microsoft word) pada Office Tools diinstal kedalam komputer, Selanjutnya klik “nekt” dan proses dilakukan.
  1. 7.      Proses Install
Pada bagian ini ditunjukkan bahwa proses instal siap dilakukan disertai informasi aplikasi yang diinstal, kapasitas harddisk yang dibutuhkan, dan kapasitas harddisk yang tersedia, seperti yang terlihat pada gambar 3.1. Selanjutnya klik install untuk menginstal.
Selanjutnya proses instal akan dilaksanakan seperti terlihat pada gambar 3.2. Sebaiknya tidak menjalankan program lain pada saat proses instal agar tidak memberatkan kerja komputer karena dapat mengakibatkan “hang” khususnya pada komputer dengan kecepatan yang rendah.
  1. Proses Instal Selesai
Pada saat instal office selesai windows akan menampilkan pesan bahwa instal berhasil dengan sukses apabila anda menginstal dengan benar, Apabila anda menginstal pada windows 98 atau 98se maka windows akan meminta anda untuk “merestart” komputer. Restartlah komputer anda dan proses instal telah berhasil.
  • Sedangkan langkah – langkah instalasi paket software pada sistem operasi Linux adalah sebagai berikut :
  1. Masuk ke modus Yast
  2. Masuk menu instalasi software
  3. Pilih dan tandai software yang akan diinstalasi.
  4. dan Lanjutkan sesuai dengan petunjuk/langkah-langkah, dalam instalation user manual.
Langkah-langkah instalasi diatas, berlaku juga untuk instalasi software utility, seperti antivirus, zip, multimedia dan lain sebagainya.
  1. B.     TROUBLE SHOUTING
Dibawah ini troubleshouting yang terjadi setelah seleai penginstalan :
KESALAHAN PENYEBAB CARA MENGATASI
Icon berwarna hitam
  • VGA kurang mendukung resolosi
  • Driver yang dipakai tidak cocok
  • Restart computer
  • Ubah nilai resolosi
  • Coba ganti driver yang cocok
Operating sistem tidak mau shutdown
  • ada program yang tidak berhenti secara sempurna
  • konfigurasi setting BIOS salah
  • periksa kembali setting BIOS
  • pastikan “Fast Shutdown” di system informatation –Tool-System configuration
Terjadi konflik di device manager
  • Device yang satu dengan yang lain
  • driver tidak cocok
  • device rusak
  • Remove bagian device manager yang terdapat tanda troble
  • Ulangi penginstallan driver
  • Jika tertancap di SKPCI coba ganto slot
  • Jangan lupa merestart komputer
Computer hang saat tidak aktif
  • Screen saver sedang jalan
  • Power management aktif
  • Suhu pada CPU terlalu panas
  • Gerakan mouse atau tekan keyboard, jika perlu ubah settingan screen saver
  • Masuk ke BIOS disable power manager
  • Lihat di device manager jika ada tanda pada power management, remove.